iPOS 5, Aplikasi Desktop
Alternatif Pawoon & Moka POS

Sejak hadirnya teknologi cloud computing, lebih banyak developer software yang memilih mengembangkan software berbasis cloud dibanding software untuk desktop. Salah satu software yang banyak dikembangkan dengan teknologi cloud computing adalah aplikasi POS (Point of Sale). Di Indonesia, aplikasi POS berbasis cloud dikenal juga dengan sebutan Aplikasi POS Online, Aplikasi Kasir Online atau Aplikasi Penjualan Online. Ada beberapa aplikasi POS online yang meramaikan pasar Indonesia. Diantaranya ada Pawoon, Kawn, Olsera, Kasir Pintar, Majoo, NadiPOS, DealPOS dan Moka POS. Yang pertama dan terakhir disebut merupakan aplikasi POS online yang paling populer di Indonesia. Keduanya saling bersaing ketat.  Data satu tahun terakhir Google Trends Indonesia bisa jadi acuannya. 

Google Trends iPOS vs Pawoon vs Moka POS

Walaupun kepopulerannya mulai tergantikan oleh aplikasi berbasis cloud, aplikasi desktop masih banyak peminatnya. Terutama mereka yang masih ragu dengan jaminan keamanan dan kerahasiaan data aplikasi berbasis cloud.  Dari sedikit aplikasi desktop yang masih eksis di pasar software Indonesia, Program Toko iPOS 5 merupakan salah satunya. Aplikasi ini dibuat oleh developer software yang sudah memulai bisnisnya sejak tahun 2007. Dirilis pada Maret 2017,  iPOS 5 dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna software di era sekarang yang serba online dan mobile

Keamanan Data Lebih Terjamin

iPOS 5 menggunakan software database open source PostgreSQL yang terkenal kehandalannya. Karena merupakan aplikasi desktop untuk sistem operasi Windows, data iPOS 5 disimpannya di komputer kita sendiri. Beda dengan Pawoon dan Moka POS yang datanya disimpan di cloud (server internet). Setiap developer software berbasis cloud pasti menjamin keamanan dan kerahasiaan data pelanggannya. Tapi data yang disimpan di komputer yang kendalinya ada di kita sendiri tentu lebih terjamin keamanan dan kerahasiaannya dibanding data yang disimpan di cloud yang kendalinya ada di pihak lain.  

Ready to Online & Mobile

Selain bisa digunakan secara offline yaitu pengunaan di satu komputer saja atau  beberapa komputer memanfatkaan koneksi LAN (Local Area Network), iPOS 5 juga bisa digunakan beberapa komputer secara online memanfaatkan koneksi VPN (Virtual Private Network).  Kalau ingin seperti Pawoon dan Moka POS yang bisa mengaksesnya melalui piranti mobile Android , kita bisa memanfaatkan aplikasi iPOS 5 Mobile. Koneksi antara iPOS 5 Mobile dengan server database iPOS 5 di komputer bisa offline memanfaatkan koneksi LAN atau bisa juga online memanfaatkan layanan Team Cloud yang disediakan oleh developer softwarenya. 

Topologi Koneksi Offline & Online iPOS 5

Lisensi Yang Berlaku Selamanya

Karena masih mengusung model bisnis software ‘tradisional’, untuk bisa menggunakan iPOS 5 sepenuhnya, kita harus membeli lisensinya. Ada 3 edisi iPOS 5, yaitu edisi Standard harganya Rp 450rb, edisi Profesional harganya Rp 750rb dan edisi Ultimate harganya Rp 3juta. Pada iPOS 5 Standard hanya ada fitur keuangan berupa pencatatan Kas Masuk dan Keluar serta laporan Laba Rugi, sedangkan pada iPOS 5 Ultimate selain dilengkapi sistem akuntansi seperti iPOS 5 Profesional, juga dilengkapi dengan modul konsinyasi. 

Kalau dibandingkan dengan Pawoon dan Moka POS yang menerapkan biaya langganan, harga lisensi iPOS 5 jauh lebih murah. Dengan mengeluarkan biaya Rp 3Juta senilai harga lisensi iPOS 5 Ultimate, kita hanya bisa bayar langganan 1 tahun Pawoon atau Moka POS yang tidak dilengkapi modul akuntansi dan modul konsinyasi. 

Lisensi iPOS 5 berlaku selamanya. Namun untuk tetap bisa mendapat layanan support, layanan Team Cloud dan update software, developer softwarenya membebankan biaya rutin tahunan. Tapi kalau kita terlambat bayar biaya rutin tersebut atau bahkan tidak bayar sama sekali, kita masih bisa menggunakan aplikasi iPOS 5. Juga masih bisa mengakses dan menggunakan data yang sudah kita input. Beda halnya dengan Pawoon dan Moka POS, kalau masa langganannya habis dan kita tidak bayar perpanjangannya, maka kita tidak bisa lagi menggunakan aplikasinya. Bahkan tidak  bisa lagi mengakses data yang sudah kita input. Jadi iPOS 5 memberikan keleluasan yang lebih baik dalam hal mengakses dan menggunakan data yang sudah  kita input.

Memang Harus Ada Komputer, Tapi...

Pawoon & Moka POS bisa digunakan tanpa harus memiliki komputer desktop, karena bisa hanya menggunakan smartphone atau tablet. Beda halnya dengan iPOS 5, untuk bisa menggunakannya harus ada minimal 1 komputer untuk diinstall software database PostgreSQL. Harga komputer desktop memang relatif lebih mahal dibanding smartphone atau tablet. Tapi biaya yang dikeluarkan untuk membeli komputer sebanding dengan penghematan di masa depan. Kita tidak perlu lagi membayar biaya langganan sebagaimana kalau kita menggunakan Pawoon atau Moka POS

Aplikasi Trial Bisa Digunakan Tanpa Batasan Waktu

Berbeda dengan Pawoon dan Moka POS yang untuk mencobanya harus menginput alamat email dan nomor HP, untuk mencoba iPOS 5 cukup download & install aplikasi trialnya. Penggunaan aplikasi trial iPOS 5 tidak ada batasan waktu sebagaimana aplikasi trial Pawoon dan Moka POS yang hanya bisa digunakan 14 hari saja. Walaupun aplikasi trial, kita bisa menggunakan semua fitur yang ada di iPOS 5. Pembatasannya hanya di jumlah data yang bisa diinput, yaitu maksimalnya 50 item barang dan 50 transaksi

Bisnis Yang Menghidupi Banyak Pihak

Bisnis perusahaan pengembang aplikasi iPOS tumbuh secara organik dari hasil memutar keuntungan bisnis mereka. Jadi bukan karena suntikan modal dalam jumlah besar seperti yang didapat perusahaan startup yang mengembangkan Pawoon dan Moka POS

Perusahaan pengembang aplikasi iPOS bisa berkembang sampai sekarang karena kerjasama dengan para mitra penjualannya di seluruh Indonesia. Dengan startegi bisnis seperti itu, yang mendapat keuntungan tidak hanya mereka saja tapi juga para mitra penjualannya. Salah satunya Salma Komputer yang berdomisili di Depok. Bagi yang ingin install aplikasi trial iPOS 5, buka saja website salmakomputer.com, klik menu Trial untuk download file installernya. Untuk panduan pengunaan fitur-fitur yang ada di iPOS 5, bisa belajar dari video tutorial yang sudah dibuat, klik saja menu Tutorial. 

Bagi yang ingin order lisensi atau butuh jasa training, konsultansi dan implementasi iPOS 5 langsung saja chat WhatsAppp Salma Komputer di 0813-8524-8654.

iPOS 5, Aplikasi Desktop Alternatif Pawoon & Moka POS